Selasa, 28 Februari 2012

Info Wapres RI

Wapres: Gunakan Anggaran Pendidikan untuk Siapkan Generasi Penerus

02/28/2012
Depok -- Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, meminta agar anggaran 20 persen untuk fungsi pendidikan digunakan sebaik-baiknya untuk menyiapkan generasi penerus bangsa. Hal tersebut disampaikan Wapres saat memberi arahan kepada para peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Bojongsari, Depok, Selasa (28/02). Turut hadir mendengarkan arahan Wapres, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.
"Jangan dibocor-bocorkan, jangan di utik-utik, gunakan semestinya untuk menyiapkan generasi penerus," tegasnya. Wapres menyampaikan, anggaran 20 persen kalau dilihat dari tanggung jawabnya, tidak banyak, namun sangat erat kaitannya dengan tugas penting yang diemban.
"Kita mesti mengelola sebaik-baiknya setiap rupiah untuk pendidikan yang sebaik-baiknya," tutur Boediono. 
Wapres menggarisbawahi tiga hal yang dipercaya sebagai  hukum  kemajuan bangsa. Yaitu, kualitas sumber daya manusia, generasi pengganti lebih baik dari yang diganti, dan pendukung SDM yang berkualitas, yaitu kesehatan dan pendidikan. "Kalau generasi pengganti lebih rusak, bangsanya akan mundur," katanya.
Dulu, kata Boediono, profesi guru bukanlah profesi untuk mencari kekayaan. Tapi murni untuk mengekspresikan keinginan hati menyebarkan ilmu dan kearifan.
Walau demikian, bukan berarti negara mengabaikan kesejahteraan guru. Dukungan negara sangat jelas bagi para guru. Mereka diberi prioritas untuk meningkatkan kualitasnya, dan diberi tunjangan profesi.
Sebaliknya, Wapres meminta agar guru jangan melupakan tanggung jawab untuk mencerdaskan bangsa. (AR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar