Kamis, 16 Februari 2012

Info Penting Neeh......

173.334 Ruang Kelas Akan Diperbaiki pada tahun 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Sepanjang tahun 2012 ini, sebanyak 173.344 ruang kelas yang rusak berat akan diperbaiki. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh  kepada wartawan di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (14/2/2012).
“Total anggaran 2012 Rp15, 822,243 triliun. Terdiri dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemendikbud Rp 7,8 triliun dan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesarRp 8 triliun. Dananya sudah ditransfer ke kabupaten kota,” kata M Nuh.
Dia mengatakan, dalam minggu ini mulai secara berangsur-angsur dana perbaikan ruang kelas yang rusak akan dikirim ke sekolah-sekolah tersebut. Terkait pengelolaan dananya sendiri tidak memakai tender. Sehingga sekolah-sekolah tersebut bisa langsung membelanjakannya untuk kepentingan perbaikan ruang kelas.
“Kami pun sudah berikan petunjuk teknis (juknis), spesifikasi termasuk juga bagaimana sistem pelaporannya di dalam melakukan rehab itu. Kami juga menyiapkan e-monitoring di mana sekolah-sekolah bisa menyampaikan progresnya setiap saat,” terangnya.
Ditegaskan M Nuh, Kemendikbud menentukan tiap dua minggu harus menyampaikan laporan penggunaan dana rehab tersebut melalui e-monitoring. Selain itu, bisa juga melalui pesan singkat (SMS), bisa juga lewat atau web atau internet.
Dengan demikian, Kemendikbud bisa mengetahui perkembangan demi perkembangan dari perbaikan ruang kelas yang dilakukan di sekolah tersebut. Baik dari kondisi fisik lapangannya maupun dari sisi berapa pencairan dana yang sudah dilakukan.
“Kami juga melengkapi setiap sekolah sekarang sudah ada koordinatnya, lintang selatan, lintang utaranya sudah ada. Sehingga dengan mudah nanti kalau mau melakukan verifikasi apa betul di sini sudah ada kegiatan dan pencapainnya. Kami menggunakan google dan langsung bisa kami lihat bagaimana kondisi yang ada di lapangan,” katanya.
M Nuh mengharapkan sebanyak 173 ribu ruang kelas yang rusak itu dapat rampung perbaikkannya pada Oktober mendatang. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar